Home > Tips Trick > Trik Sederhana Mengecek Charger Laptop

Trik Sederhana Mengecek Charger Laptop

Beberapa waktu yang lalu saya sempat dibuat pusing oleh tingkah laku laptop Lenovo B450 punya seorang teman. Ceritanya begini:

Teman saya tersebut bercerita bahwa lappie-nya sering mati saat dipakai untuk memutar video, walaupun hanya beberapa menit. Tapi dalam kondisi normal tanpa memutar video, laptop tersebut normal-normal saja dan tidak ada gejala aneh, apalagi mati. Setelah saya cek semua hardware normal.

Saya ambil kesimpulan, kemungkinan ada driver VGA atau chipset yang bermasalah pada Operating System-nya (waktu itu OS-nya Windows Vista Ultimate). Setelah driver VGA di-install ulang, tidak ada perubahan sama sekali. Akhirnya laptopnya di-install total, harddisk di-format ulang, kemudian di-install memakai OS Windows 7 ultimate.

Instalasi windows beserta program lainnya sudah selesai, saatnya mencoba untuk memutar video di windows 7.  Hasilnya? Windows Media Player bisa menyelesaikan video yang berdurasi sekitar satu jam. Saya sangat senang terhadap hal ini. Lega rasanya bisa membantu menyelesaikan masalah orang lain.

Tenyata masalah belum selesai. Saat iseng-iseng melihat spesifikasi laptop melalui Property MyComputer, ada yang aneh pada laptop tersebut, rating-nya hanya 1.0 ini merupakan rating WPI (Windows Performance Index) paling rendah. Penasaran? akhirnya di-ReScan lagi dan saya test ulang performanya. 

Lagi-lagi laptop tersebut mati saat test sampai di bagian graphics.

Karena sudah tidak ada jalan keluar lagi, laptop tersebut dibawa ke service center Lenovo untuk mengecek kesalahan hardware (karena masih garansi).  Sampai disana, laptop dicek dan ditest ulang performanya dengan menggunakan charger milik service center Lenovo, karena kebetulan charger bawan laptop lupa tidak dibawa. Dan akhirnyaaa…. Laptop tersebut bisa melewati semua tahapan Windows Performance Index.

Kesimpulannya adalah walaupun secara fungsi, charger laptop kita normal, tidak ada salahnya kita mengecek charger tersebut dengan menggunakan Test Windows Performance Index. Jika test selesai dan laptop tidak mati, itu artinya charger masih OK 100%. Namun sebaliknya, jika laptop mati sebelum test selesai maka charger sudah mulai bermasalah.

Semoga bermanfaat..

*Thanks to abiwin yang sudah bersedia mengantar ke Service Center😉

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: